Minggu, 27 Juni 2010

Beda Pertumbuhan Kuku Jari Tangan dan Kaki

Masih mengenai "kuku".

Suatu ketika, ketika saya baca majalah anak-anak. Di sana ada semacam rubrik "Did you Know" setiap minggunya. Lalu saya baca ada yang membahas mengenai kuku tangan dan kuku kaki. Lalu timbul pertanyaan di kepalaku. Mengapa antara kedua kuku ini (antara kuku tangan dan kaki) beda pertumbuhannya?
Ternyata begini penjelasannya. 

Kuku dihasilkan oleh sel-sel kulit pada jari. Pertumbuhan kuku sangat dipengaruhi oleh aktivitas sel-sel kulit itu. Aktivitas sel-sel ini sangat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkungan (lingkungan gelap di dalam sepatu cenderung membuat aktivitas sel menurun), suhu (suhu panas mempercepat proses metabolisme sel sehingga kuku lebih cepat tumbuh), sistem sirkulasi darah (semakin jauh dari jantung semakin sedikit pasokan darahnya sehingga mengurangi aktivitas sel), dan sifat keturunan.

Jenis kelamin berpengaruh pula lo! Kuku laki-laki lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku perempuan. Lingkungan yang pengap (karena tertutup sepatu) dan jaraknya paling jauh dari jantung membuat pertumbuhan kuku kaki terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...