Jumat, 04 Januari 2013

Selamatkan Terumbu Karang Kita

"Save Our Coral Reef". Merupakan kata yang pas untuk kondisi ekosistem terumbu karang kita dewasa ini. Terumbu karang yang memiliki banyak manfaat bagi kita maupun biota yang hidup di sekitarnya kini mulai hancur akibat ulah nakal manusia.

Terumbu karang memiliki banyak peran, misalnya menurut Dwimaribbi (2010);
  • Terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesarananak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.
  • Terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.
  • Struktur masif dan kokoh dari terumbu berfungsi sebagai pelindung sempadan pantai, dan ekosistem pesisir lain (padang lamun dan hutan mangrove) dari terjangan arus kuat dan gelombang besar.

Perusakan terumbu karang oleh manusia biasanya dengan jalan penggunaan dinamit dan trawl dalam perikanan, menangkap ikan dengan zat kimia beracun, dan digunakannya karang untuk hiasan air yang pengambilannya secara ilegal; dan masih banyak lagi.

Jikalau terumbu karang dieksploitasi secara ilegal dan dengan cara ilegal seperti di atas maka ekosistem perairan laut akan goyah nantinya. Dan juga perlu diketahui pertumbuhan karang (menurut beberapa sumber) adalah 0,2 mm – 0,8 mm per tahun. Bayangkan...!

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Yaps, jangan biarkan mereka musnah. Tanpa mereka bumi ini akan tidak stabil.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...