Rabu, 07 Juli 2010

Go Green

Sehari yang aku lewatin tanpa menyentuh sedikitpun scrath blogku ini,
dikarenakan kegiatan yang mungkin tidak dapat dilewatkan.
Hari ini akhirnya scrath blogku terjamah juga olehku.
Chatbox dan komentar2 telah menyapaku di sejauh mata menendang,
eh..maksudnya sejauh mata memandang.
Dengan diiringi instrumen, distorsi, rytme, vokal dan beat drum dari band favoriteku,
Peterpan.
Meski kasus sang frontmen sedang hangat2nya diperbincangkan,
aku tetep sahabat peterpan.
...



Hari ini terlintas dibenakku untuk posting sesuatu,
bingung mau posting apa.
Tapi di kepalaku pengen banget psoting tentang GO GREEN.
Akhirnya dengan tarian tangan ini,
ku menulis hal-hal mengenai GO GREEN,
di mana ku harapkan ini akan menjadi info dan semangat kita untuk Go Green.

APA ITU GO GREEN ? 



Go-Green adalah suatu gerakan yang bertujuan melestarikan dan menciptakan suasana lingkungan tinggal yang lebih baik bagi semua mahluk (manusia, flora, fauna dan seluruh ciptaan Tuhan lainnya seperti air, tanah, udara dan seterusnya).

Apabila gerakan ini memasyarakat dan mendunia tentunya kita berharap bumi akan menjadi tempat tinggal yang layak bagi semua mahluk pada masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Dari pelajaran-pelajaran di sekolah atau informasi-informasi yang didapat,
ada tiga hal yang perlu diperhatikan dan menjadi dasar dalam gerakan ini (go green)
yaitu,

a. Reduce - penghematan sumber daya energi.
Yang dimaksudkan disini adalah usaha-usaha penghematan dan selektif didalam menggunakan atau memanfaatkan energi.

b. Reuse - pemanfaatan kembali.
Yang dimaksudkan disini adalah usaha-usaha pemanfaatan kembali sumber energi atau peralatan-peralatan tersimpan yang masih layak digunakan.

c. Recycle - daur ulang.
Yang dimaksud disini adalah usaha-usaha untuk mengubah limbah atau barang bekas menjadi produk lain yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

....

Dalam penerapannya,
kegiatan go green memilik lingku-lingkup atau wilayah-wilayah seperti,

a. Rumah




1. Buanglah sampah pada tempatnya. Usahakan untuk mengadakan minimal 2 jenis tempat sampah, satu untuk sampah organic dan satu lagi untuk sampah non organic. Dan usahakanlah seminimal mungkin menghasilkan sampah.

2. Untuk sumber penerangan pada siang hari apabila memadai biasakanlah untuk menggunakan cahaya matahari, karena sinar yang dihasilkannya lebih baik dan tidak merusak mata anda. Jadi jangan segan-segan untuk membuka lebar tirai jendela rumah anda pada siang hari.

3. Matikanlah lampu ketika ketika anda meninggalkan suatu ruangan (kondisi kosong / tidak ada orang lain) dalam waktu yang cukup lama.

4. Matikan peralatan elektronik seperti televisi, radio, komputer atau yang lainnya apabila sedang tidak anda gunakan atau butuhkan.

5. Lepaskanlah colokan atau steker listrik suatu peralatan elektronik yang jarang anda gunakan, karena pada banyak peralatan walaupun telah di seting pada kondisi mati / off, daya listrik masih tetap mengalir dalam jumlah yang kecil.

6. Apabila anda ingin membeli lampu dan peralatan elektronik lainnya, belilah yang hemat energi (biasanya ditandai dengan label energy star).

7. Mulailah biasakan atau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Selain hemat dan sehat, alat transportasi ini juga bebas polusi.

8. Jika menggunakan alat pendingin ruangan (AC – Air Conditioner). Biasakanlah menggunakannya pada pengaturan suhu yang sedang (jangan terlalu dingin) karena ini akan menghemat penggunaan daya listrik. Dan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan saringan udaranya secara berkala setidaknya sebulan sekali. Apabila kondisinya sudah jelek atau rusak, gantilah.

9. Apabila anda mencetak (nge-print) atau menduplikasi (meng-copy). Lakukanlah pada secara bolak balik (pada 2 sisi kertas).

10. Jangan sungkan menggunakan map / brosur / lembar kertas bekas yang memiliki ruang kosong sebagai tempat anda menuliskan ide.atau mencatat sementara.

11. Biasakanlah menggunakan e-mail atau sms didalam berkomunikasi, usahakan untuk mengurangi media komunikasi konvensional seperti surat.

12. Gunakanlah papan pengumuman (bulletin board) sebagai media pemberitahuan umum kepada selurh anggota keluarga dirumah dan teman-teman dikampus. Untuk kantor gunakanlah fasilitas e-mail, messenger atau e-board.

13. Mulailah menggunakan kertas daur ulang.

14. Apabila anda menggunakan printer, biasakanlah untuk mengisi ulang bubuk / tinta cetaknya.

15. Matikan seluruh peralatan elektronik dan lampu menjelang anda tidur dirumah atau pulang dari kampus dan kantor (kecuali peralatan keaamanan).

16. Kalau anda perokok, mulailah untuk menguranginya. Lebih baik lagi apabila bisa menghentikan kebiasaan ini. Karena hasil pembakaran dari rokok menghasilkan gas-gas beracun yang membahayakan manusia dan lingkungan

17. Biasakanlah meminum air putih biasa (yang tidak dihangatkan atau didinginkan),.Panaskan atau dinginkan air hanya pada saat penyajian kopi atau sirup.

18. Gantilah kompor minyak tanah atau kayu ke kompor gas atau listrik. Karena sisa pembakaran dari gas atau listrik hanya sedikit / tidak mencemari udara dan lebih ekonomis.

19. Jika menggunakan mesin cuci listrik, jangan lupa membersihkan filter / kain kasa pada alat pengeringannya setiap anda selesai mengeringkan pakaian, sehingga kinerja alat menjadi maksimal dan bisa mengurangi pemakaian daya listrik.

20. Gunakanlah sinar matahari secara tidak langsung sebagai alat untuk mengeringkan pakaian.

21. Jika menggunakan lemari es, gunakan pengaturan suhu yang secukupnya (tidak maksimal dingin). Dan periksalah secara berkala fungsi dan kemampuan lemari es anda secara berkala. Apabila lemari es yang anda miliki adalah model lama yang masih menggunakan freon sebagai zat pembantu pendinginan dan anda memiliki uang lebih, tukar tambah lah dengan lemari es yang baru. Karena zat freon bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan ozone.

22. Kurangi kebiasaan menggunakan alat penghisap debu (vacum cleaner), biasakanlah cara tradisional dengan menggunakan sapu lidi atau bulu ayam dan diteruskan dengan sapu biasa.

23. Hilangkanlah kebiasaan menggunakan mesin pemotong rumput, kembalilah kecara lama menggunakan gunting rumput biasa atau golok (menggunakan tenaga manusia).

24. Apabila anda ingin memiliki pemanas air untuk mandi, belilah yang menggunakan sumber matahari sebagai sumber daya listriknya.

25. Apabila anda ingin mengecat dinding atau furniture jangan gunakan alat penyemprot tapi gunakanlah kuas biasa atau kuas penggulung, karena lebih hemat dan hanya sedikit mengotori lingkungan.

26. Periksalah dengan rutin instalasi saluran air minum anda, apabila ditemukan kebocoran, perbaiki dan tamballah segera.

27. Kalau bisa buatlah penampungan air hujan dan gunakan sebagai air di kamar kecil anda (WC).

28. Jangan mencuci piring dengan menyiramnya secara terus menerus, hematlah penggunaan air.

29. Kurangi atau hilangkan kebiasaan berlangganan koran atau majalah untuk mendapatkan informasi. Gunakanlah media televisi dan internet didalam mencari informasi.

30. Biasakanlah mendokumentasikan sesuatu secara digital.

31. Apabila anda mesti membeli bahan bakar minyak (bensin) belilah yang memiliki oktan tinggi, agar pembakaran yang dilakukannya lebih sempurna dan sedikit menghasilkan polutan.

32. Jangan ganti ban standar pada kendaraan anda, karena penggunaan ban radial berakibat konsumsi bahan bakar kendaraan yang lebih boros.

33. Periksa rutin kendaraan anda (motor dan mobil) dari kebocoran minyak oli atau kebocoran lainnya.

34. Biasakanlah untuk mencuci kendaraan anda di tempat pencucian motor atau mobil. Hindari melakukannya dirumah, karena bahan kimia pembersih dan kotoran mobil akan mencemari halaman anda.

35. Kalau anda memiliki halaman yang ditanami dengan rumput, buatlah lubang rembesan air, agar air tidak menggenang dan bisa langsung terserap kedalam tanah.

36. Apabila tersedia lahan atau ruang kosong dirumah anda, manfaatkanlah dengan menanaminya atau mengisinya dengan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat.

37. Betahlah dirumah, pergi keluar hanya apabila memiliki keperluan atau manfaat. Dengan begitu anda tidak akan membakar bahan bakar fosil secara percuma dan menambah polusi.

38. Apabila memotong rumput atau pucuk tanaman, biarkanlah hasil potongannya itu dihalaman atau pot, agar proses pembusukan dan pengembalian nutrisi kembali ketanaman dapat terjadi.

39. Apabila ingin menggunakan pupuk dalam kegiatan bercocok tanam, maka gunakanlah kompos (pupuk berbahan alami) secukupnya.

40. Apabila anda ingin memberantas hama serangga dirumah, gunakanlah pestisida dalam takaran yang minimal. Untuk mengusir nyamuk, gunakanlah tanaman yang memiliki fungsi tersebut (namanya lupa euy).

41. Simpanlah pestisida atau bahan beracun lainnya ditempat yang aman dari sentuhan maupun penciuman mahluk hidup. Kalau bisa isolasi ditempat yang kering dan terlindung.

42. Apabila ingin menyirami tanaman anda, lakukanlah pada pagi hari, karena air yang anda berikan akan lebih optimal digunakan oleh tanaman karena tidak banyak yang menguap.

43. Kurangi atau jangan membeli barang-barang yang mengandung air raksa. Untuk thermometer yang masih menggunakan air raksa, gantilah dengan yang elektronik. Kalau anda ingin membuang barang-barang yang mengandung air raksa, bungkuslah dengan baik dan tidak bocor dan beri keterangan bahwa barang itu mengandung zat berbahaya.

44. Apabila anda akan membeli cat, belilah dengan takaran yang tepat, sehingga ketika pekerjaan mengecat selesai tidak ada sisa yang harus disimpan atau dibuang.

45. Usahakanlah menggunakan bahan-bahan pembersih (seperti sabun, deterjen dan yang lain-lain) yang mengandung bahan alami. Kalau tidak ditemukan, carilah yang kandungan racunnya paling kecil.

46. Apabila anda ingin menangkap hewan pengganggu seperti tikus. Gunakanlah perangkap tradisional sebagai pengganti racun tikus.

47. Gantilah isi kotak P3K anda dari obat-obatan kimiawi menjadi obat-obatan natural atau jamu, apabila anda ingin membuang obat-obatan kimiawi, bungkuslah dengan baik dan beri tulisan serta peringatan.

b. Sekolah / Kampus / Kantor




1. Sebagian besar dari cara-cara atau langkah-langkah yang dapat anda lakukan dirumah bisa pula anda terapkan atau lakukan ketika anda pergi atau berada di sekolah, kampus atau kantor.

2. Biasakanlah ke sekolah atau kampus atau kantor dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda, kalau jaraknya jauh gunakanlah angkutan umum seperti bis atau kereta api. Kalau anda menggunakan motor atau mobil jangan sungkan mengajak dan menjemput teman anda yang satu tujuan, karena selain mengurangi polusi dan sehat juga berpahala.

3. Hidupkanlah peralatan listrik yang diperlukan hanya ketika jam sekolah atau kuliah atau kerja dimulai, jangan lakukan sebelumnya. Apabila jam sekolah atau kerja usai, maka segera matikan.

4. Ketika tiba jam istirahat, keluarlah segera dari ruangan dan matikan peralatan listrik yang tidak diperlukan, agar sirkulasi udara diruangan lancar dan penggunaan listrik dapat dikurangi.

c. Pasar / Toko / Minimarket / Supermarket




1. Sebagian besar dari cara-cara atau langkah-langkah yang dapat anda lakukan di rumah dan sekolah atau kampus atau kantor, bisa pula anda terapkan atau lakukan ketika anda pergi atau berada di pasar, toko atau minimarket atau supermarket.

2. Apabila berbelanja kebutuhan harian bawalah kantong sendiri atau tas ransel, sehingga anda tidak perlu menerima bungkus plastic sebagai tempat bawaan belanja anda. Dan apabila anda memiliki cukup uang, maka belilah dalam jumlah pemakaian yang lama (mingguan atau bulanan). Dan mintalah kepada pegawai toko / minimarket untuk membungkusnya didalam kotak / peti kemasan barang yang sudah tidak terpakai lagi, sehingga anda pun ikut membantu toko mengurangi sampahnya. Dan apabila kotak atau peti tersebut masih baik, gunakanlah lagi ketika anda dating ke toko atau minimarket untuk berbelanja.

3. Biasakanlah membeli barang kebutuhin yang rutin dalam kemasan isi ulang.

4. Untuk peralatan rumah tangga, belilah yang tahan lama sehingga anda tidak perlu belanja barang yang sama berkali-kali.

5. Apabila peralatan rumah tangga yang anda miliki dirumah masih bisa digunakan, janganlah membeli atau menggantinya dengan yang baru.

6. Minimalkanlah membeli dan menggunakan tissue untuk kegiatan rumah tangga.

7. Apabila ada produk yang memiliki fungsi sama, pilihlah untuk membeli produk yang menggunakan kemasan yang dapat di daur ulang.

8. Apabila ingin membeli peralatan atau furniture yang tidak anda miliki, lebih baik dan murah apabila membeli yang bekas.

9. Apabila ingin membeli baterai, belilah yang bisa diisi ulang, walaupun harga beli awalnya lebih mahal.

...

Cara-cara di atas hanya sebagian dari berbagai cara yang lainnya.
Namun pada intinya kita harus sadar akan keadaan bumi kita yang semakin "rusak" ini.
Go Green,
berpartisipasi dan menerapkan berbagai tindakan yang membantu keselamatan bumi kita agar tetap hijau, aman, nyaman dan berseri.

GO GREEN.....!

6 komentar:

  1. go green, memang berat klo pengen hidup sehat, tp trs coba kawan, pasti bisa !

    BalasHapus
  2. aku mendukung go green sob.
    cuz tmpat tinggal qu penuh dg hamparan yg hijau dan pepohonan
    ^^

    BalasHapus
  3. @OeMpaK
    dengan tekad dan niat pasti bisa..!

    BalasHapus
  4. @Achito
    hohoho..
    Siip dah..

    BalasHapus
  5. btw, kami sudah go green loh, saya vegetarian sudah sekitar 4 tahun sedangkan suami hampir 7 tahun, selain itu kami juga selalu berhemat listrik, air, memperlakukan sampah dengan benar, serta mengurangi keluar rumah dengan menggunakan kendaraan...lebih suka jalan kaki atau naik kendaraan umum kalau memang memungkinkan...let's go green anyone!

    BalasHapus
  6. @pelangi anak
    wahh..
    salut..
    acungan jempol..
    patut di contoh..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...