Minggu, 02 Desember 2012

Sumber Energi yang Dapat Diperbarui (Renewable Energy)

"Dunia yang menggunakan sumber energi terbarukan akan lebih berwarna daripada dunia yang kita tinggali saat ini". -GreenpeaceID

Renewable Energy adalah solusi dari perubahan iklim yang semakin menjadi-jadi ini. Energi Terbarukan (Renewable Energy) merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, atau para pecinta alam menyebutnya Energi Bersih. Sehingga satu-satunya cara mengatasi perubahan iklim ini yakni dengan menghemat energi dan menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan, Energi Terbarukan.



Adapun energi yang dapat diperbarui di antaranya yakni; 

1. Energi Matahari
Energi surya atau matahari telah dimanfaatkan di banyak belahan dunia dan jika dieksplotasi dengan tepat, energi ini berpotensi mampu menyediakan kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dalam waktu yang lebih lama. 

2. Tenaga Angin
Keuntungan terpenting dari tenaga angin adalah berkurangnya level emisi karbon dioksida penyebab perubahan ikilm. Tenaga ini juga bebas dari polusi yang sering diasosiasikan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan nuklir.

3. Panas Bumi
Pembangkit listrik tenaga Panas Bumi  hampir tidak menimpulkan polusi atau emisi gas rumah kaca. Tenaga ini juga tidak berisik dan dapat diandalkan. 

4. Tenaga Air

Energi Hidroelectrik adalah energi air. Air bergerak menyimpan energi alami yang sangat besar, apakah air bagian dari sungai yang mengalir atau ombak di lautan. 

Pada dewasa ini, para peneliti juga sedang melakukan ekperimen dan mencoba mengadakan terobosan terbaru akan sumber energi yang ramah lingkungan. Salah satu yang kini sedang diteliti yaitu sumber energi dari mikroorganisme plankton.

5 komentar:

  1. kaka, kaka, mau nanya doong.. kan ada renewable energy yang dari mahluk hidup sama yang dari non hayati (kaya matahari, angin, dll). Nah, manurut kaka lebih ramah lingkungan dan efektifan mana antara renewable energy hayati sama yang non hayati? Makasiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya memiliki keunggulan masing masing. Non hayati (matahari, angin, dsb) perlu dieksplore lebih dalam lagi mengingat sumber energi ini "dapat diperbarui". Namun ada sumber energi hayati yg berpotensi saat ini, yaitu dari plankton. Plankton di sini dapat dibudidayakan, sehingga saat ini masih terus diteliti lebih dalam.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...