• Band dalam Negeri yang Rilis Mini Album Pertengahan Tahun ini ...
  • Go-Green adalah suatu gerakan yang bertujuan melestarikan dan menciptakan suasana lingkungan ...
  • Apa saja sih yang termasuk sumber energi yang ramah lingkungan?
  • Siapa sangka dari seorang fans kini menjadi bagian dari ...
  • Ramai iklan yang mengajak untuk meremukkan botol air mineral kosong. Kenapa sih?
  • Terumbu karang yang memiliki banyak manfaat bagi kita maupun biota yang hidup di sekitarnya kini mulai hancur akibat ulah nakal manusia.
  • Ini dia musisi di balik layar dari Gorillaz

Sabtu, 26 Juni 2010

Jantung Berhenti Ketika Bersin

Setiap orang/manusia seperti kita ini pasti pernah bersin.
Tapi apakah kamu tau kalau ketika kita bersin jantung kita berhenti berdetak?
Bagaimanakah kronologinya?



Lebih dulu kita perlu tahu apa sih bersin itu? Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Dan bersin dapat dijelaskan seperti ini. Bersin adalah salah satu tindakan reflex yang dikawal oleh suatu bahagian pangkal otak yang disebut sebagai medulla. Medulla terletak di salah satu kawasan yang dipanggil sebagai brainstem.

Medulla kemudiannya akan mengantar impuls ini kembali kepada otot-otot yang membuatkan mata kita tertutup, paru-paru menghembuskan udara selaju kira-kira 100mph dan lain-lain otot juga untuk mengecut seperti dada.
Pada masa yang sama juga, otak dan medulla tidak sama sekali akan mengantar gelombang atau pun impuls ke jantung untuknya berhenti bekerja.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...