• Band dalam Negeri yang Rilis Mini Album Pertengahan Tahun ini ...
  • Go-Green adalah suatu gerakan yang bertujuan melestarikan dan menciptakan suasana lingkungan ...
  • Apa saja sih yang termasuk sumber energi yang ramah lingkungan?
  • Siapa sangka dari seorang fans kini menjadi bagian dari ...
  • Ramai iklan yang mengajak untuk meremukkan botol air mineral kosong. Kenapa sih?
  • Terumbu karang yang memiliki banyak manfaat bagi kita maupun biota yang hidup di sekitarnya kini mulai hancur akibat ulah nakal manusia.
  • Ini dia musisi di balik layar dari Gorillaz

Sabtu, 07 April 2012

Patina Cymbal

Seorang drummer biasanya ketika memiliki cymbal baru pasti akan disayang-sayang, dielus-elus, dipeluk, dicium, okay berlebihan, fokus... jadi pasti sangatlah dijaga betul barang kesayangannya tersebut. Sehingga sangat dihindari cymbal barunya tersebut kotor atau timbul bercak.

Cymbal kotor ini memiliki istilah tersendiri yaitu Patina Cymbal.

Temen-temen tau gak kelebihan dari cymbal kotor?  Cymbal kotor itu punya kelebihan disuaranya yang menjadi lebih warm dan mellow, yang merupakan ciri khas suara cymbal pada musik jazz. Selain itu suaranya akan menjadi lebih dry, kalau kata para master lebih diredam/efek doff yang artinya sustainnya lebih pendek.



Patina cymbal akan membuat cymbal tampak kotor dengan ciri khas warna seperti kehijauan. Patina cymbal ini didapat dari kombinasi sidik jari, keringat, debu, kelembapan udara, stik mark yang beroksidasi pada permukaan cymbal.

Patina cymbal berbeda dengan karat. Kalau karat akan "memakan" cymbal secara perlahan lewat korosi dan akan merusak, sedangkan Patina tidak.

Itu tadi beberapa info yang dikutip dari para master, pasti temen-temen bertanya lalu bagaimana cara membersihkan cymbal?

Next post, info yang saya dapet akan saya share ke blog..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...